SELAMAT DATANG DI LAMAN KAMI

SELAMAT DATANG KE LAMAN KAMI
halaman ini ditujukan untuk semua orang yang mencari informasi, atau Berbagi Pengetahuan atau menyampaikan Pendapat Tentang Kesehatan Ibu , Balita dan Anak. posting
Artikel Anda atau apapun yang relevan dengan topik blog ini. Saran, kritik dan komentar Anda Sangat Kami Harapkan demi kebaikan dan untuk perbaikan blog ini. mohon maaf Bila Ada Kekurangan Dan Kesalahan dalam blog ini. Terima kasih.

Selasa, 02 Maret 2010

Obesitas Anak


Bila Anak Mengalami Obesitas

Anak anda gemuk dan montok???.
wow..pasti sangat menyenangkan!,dan pastinya banyak yang dibikin 'gemas'olehnya,oleh tingkahnya yang lucu dan...(silahkan anda teruskan imajinasi anda).
namun jangan lupa,anda perlu waspada bila anak anda kelebihan berat badan (anda bisa menghitungnya dengan body mass index).karena penyakit jantung dan banyak banyak pemyakit lain bisa mengancam keselamatan jiwanya dikemudian hari.

tubuh manusia terdiri dari air,lemak,proten,karbohidrat,vitamin dan mineral,kelebihan berat badan/obesitas berarti tubuh memiliki terlalu banyak lemak tubuh.untuk sebagian anak penyebabnya sederhana saja,mereka lebih banyak mengkomsumsi kalori daripada yang digunakan(dibakar)oleh tubuh dalam kegiatan sehari-harinya.penyebab lainnya adalah faktor keturunan,pola makan,penyakit dan beberapa faktor lain.

jika anda menemukan anak anda mengalami obesitas hal pertama yang harus anda lakukan adalah membawanya ke dokter untuk memastikan bahwa obesitas terjadi bukan karena masalah medis/penyakit.bila bukan karena penyakit anda bisa melakukan beberapa hal seperti:
- mengontrol porsi makanan dengan mengusahakan agar anak memakan lebih sedikit kalori.
- batasi ngemil dan perhatikan makanan ringan yg dimakannya.
- selidiki apa yang mereka makan disekolah.
- biasakan anak anda untuk makan bersama keluarga
- ajak anak anda berolah raga dan batasi waktu menonton televisi secara porposional.
- ajari perilaku hidup sehat dengan menjadikan anda tauladan bagi anak anda.
- belajarlah untuk berkata tidak,mencintai bukan berarti harus selalu menuruti setiap keinginannya.
dan masih banyak hal lain yang bisa anda lakukan untuk mencegah obesitas/kelebihan berat badan anak anda.namun yang terpenting lakukan semua itu penuh dengan kasih sayang dengan cara yang tidak terlalu ekstrim dan tumbuhkan kesadaran secara dini pola makan dan hidup sehat pada anak anda.
semoga bermanfaat.



Posted By : Hertriadi

2 komentar:

  1. Artikel yang sangat bagus, perlu menjadi bahan bacaan bagi orang tua karena banyak orang tua yang salah selama ini. Mereka selalu mengukur kesehatan anak dari ukuran tubuh. Tetapi tidak itu saja kegemukan juga tidak baik bagi orang dewasa.

    By IndoAdsense.com

    BalasHapus