SELAMAT DATANG DI LAMAN KAMI

SELAMAT DATANG KE LAMAN KAMI
halaman ini ditujukan untuk semua orang yang mencari informasi, atau Berbagi Pengetahuan atau menyampaikan Pendapat Tentang Kesehatan Ibu , Balita dan Anak. posting
Artikel Anda atau apapun yang relevan dengan topik blog ini. Saran, kritik dan komentar Anda Sangat Kami Harapkan demi kebaikan dan untuk perbaikan blog ini. mohon maaf Bila Ada Kekurangan Dan Kesalahan dalam blog ini. Terima kasih.

Jumat, 12 Maret 2010

malnutrition/kekurangan gizi


Malnutrition atau malnutrisi / kekurangan gizi pada balita adalah suatu mimpi bagi seorang ibu,karena akibat dari kekurangan gizi yang berkelanjutan adalah sangat komplek,mulai dari pertumbuhan yang tidak normal sampai mengalami cacat secara fisik,dari rendahnya daya konsentrasi sampai keterbelakangan mental juga dari rentannya daya tahan tubuh terhadap penyakit sampai resiko kematian.

malnutrition ringan hampir tidak kentara gejalanya,mungkin bisa dilihat dari body mass index(BMI)yaitu mengukur berat badan dibandingkan usia dan tinggi tubuh,malnutrition ringan berkisar antara 60-80% dari berat normal,tapi jangan salah anak gemuk juga bisa kurang gizi.ciri dari malnutrition diantaranya:
*. berat badan dibawah ukuran normal,mungkin berat badan tidak mengalami kenaikan atau bahkan menurun.
*. maturasi(pengapuran) tulang terlambat
*. ukuran lengan bagian atas menurun
*. berat tubuh dibawah ideal dan cenderung menurun
*. dan banyak gejala lain.

penyebab umum malnutrisi adalah kurangnya asupan makanan yang mengandung energi,protein,vitamin dan mineral dibandingkan dengan kebutuhan tubuh akan zat-zat tersebut. yang dalam jangka panjang sangat merugikan pertumbuhan dan perkembangan buah hati kita.

Untuk pengobatan malnutrisi disesuaikan dengan tingkatnya:ringan,sedang atau berat/komplek ,untuk itu bila anda merasa anak atau balita anda mengalaminya dianjurkan untuk membawanya kedokter anda/ke puskesmas terdekat untuk segera dicari penyebabnya dan penanganan terbaiknya.


thank you, may be useful.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar