SELAMAT DATANG DI LAMAN KAMI

SELAMAT DATANG KE LAMAN KAMI
halaman ini ditujukan untuk semua orang yang mencari informasi, atau Berbagi Pengetahuan atau menyampaikan Pendapat Tentang Kesehatan Ibu , Balita dan Anak. posting
Artikel Anda atau apapun yang relevan dengan topik blog ini. Saran, kritik dan komentar Anda Sangat Kami Harapkan demi kebaikan dan untuk perbaikan blog ini. mohon maaf Bila Ada Kekurangan Dan Kesalahan dalam blog ini. Terima kasih.

Minggu, 21 Februari 2010

Diare Pada Anak


Diare Sering Terjadi Pada Anak-anak,apalagi dimusim hujan begini dengan tanda-tandanya yang khas Yaitu buang air besar yang lunak atau cair 3 x atau lebih dalam satu hari dan berlangsung 2 hari atau lebih.

Pada dasarnya diare dapat sembuh dengan sendirinya,namun tanpa penanganan yang baik bisa membahayakan jiwa,terutama bagi anak_anak/balita dan orang lanjut usia,bahkan data dari UNICEF menyebutkan diare menjadi penyebab kematian no.1 bagi balita di dunia.( data USAID 2008: setiap tahunnya 100.000 Balita di Indonesia meninggal karena diare ).

Diare Bisa Disebabkan Karena:
- Infeksi dari berbagai bakteri(Salmonella,escherichia coli,shigella dan champylobacter)yang disebabkan oleh kontaminasi dalam makanan/minuman.
- Infeksi berbagi macam virus
- Alergi makanan / ketidak mampuan mencerna makanan,terutama susu dan laktosa(komponen gula dalam susu).
- Parasit pada makanan atau minuman yang tercemar.
- Reaksi dari beberapa macam obat semisal Antibiotik.

Pengobatan Diare Untuk anak dan balita:
- berilah cairan pengganti cairan yang keluar,yang terbaik adalah oralit ( untuk mengganti cairan dan elektrolit yang hilang).
- Pada Bayi tetap beri Asi agar tidak tidak kekurangan gizi.
- hindari pemberian produk olahan dari susu mis.keju
- Bila kotora berwarna hitam atau terdapat darah/nanah,panas tubuh tinggi,tidak ada gejala membaik setelah 24 jam/terjadi dehidrasi segera bawa anak ke dokter/layanan kesehatan.

Pencegahan Diare:
- Mencuci tangan dengan sabun bila: Sebelum makan,Sehabis buang air besar,Setelah menceboki anak,Cebelum memegang bayi dan sebelum menyiapkan makanan.
- menjaga kebersihan rumah dan lingkungan sekitarnya.
- Selalu minum air yang telah dimasak
- Hindari membeli Jajanan yang dijual di tempat yang terbuka
- Selalu buang air kecil/besar pada jamban (baiknya memakai tanki septic).




Diare pada anak
Posted By : Hertriadi
Sumber bahan: USAID index,www.berita jakarta.com dan beberapa sumber lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar