SELAMAT DATANG DI LAMAN KAMI

SELAMAT DATANG KE LAMAN KAMI
halaman ini ditujukan untuk semua orang yang mencari informasi, atau Berbagi Pengetahuan atau menyampaikan Pendapat Tentang Kesehatan Ibu , Balita dan Anak. posting
Artikel Anda atau apapun yang relevan dengan topik blog ini. Saran, kritik dan komentar Anda Sangat Kami Harapkan demi kebaikan dan untuk perbaikan blog ini. mohon maaf Bila Ada Kekurangan Dan Kesalahan dalam blog ini. Terima kasih.

Minggu, 25 Juli 2010

Mendidik Anak


Pengaruh Sugesti Dalam Mendidik Anak

Setiap orang tua pasti berharap agar anaknya tumbuh dan berkembang secara baik baik sisi fisiknya maupun psikisnya agar kelak menjadi menjadi orang yang " berguna " sesuai yang dicita-citakan orang tua.

Anak tidak tumbuh dan berkembang dengan sendirinya,keluarga,masyarakat dan lingkungan tempat ia bergaul memegang peran yang sangat penting bagi pembentukan pribadi dan kepribadiaannya,namun pemegang peranan terpenting adalah orang tuanya ( pengasuhnya ).
semenjak di dalam kandungan dan tahun - tahun pertama kehadirannya di dunia ini adalah periode emas yang menjadi cetak biru bagi pertumbuhan dan perkembangnya selanjutnya.

Anak belajar bagaimana 'seharusnya' dia adalah dari sugesti yang ia terima dan dari apa yang ia lihat dan ia dengar sehari-hari,anak lebih mudah meniru karena itu berhati-hatilah dengan pikiran, kata-kata, dan tindakan kita terhadap dan didepan anak-anak kita ,agar kita tidak memasukkan kata-kata yang tidak seharusnya mereka tahu dan mudah diingat dalam ingatan mereka. Hal ini untuk menghindari sugesti negatif terhadap anak dengan apa yang telah ia lihat dan ia dengar, agar anak dapat tumbuh dan berkembang secara maksimal.
Karena dengan adanya sugesti positif ataupun negatif tentunya memiliki pengaruh yang cukup besar bagi tumbuh kembang mental anak
dan hal itu akan mempengaruhi citra dirinya,bagaimana ia memandang dirinya.sehingga ia akan terbentuk seperti yang orang tuanya selalu sugestikan padanya.

Agar sugesti anda dapat berhasil dengan baik,tunjukan bahwa apa yang anda ucapkan itu adalah suatu kebenaran,pujilah anak atas prestasi yang ia capai tetapi jangan pernah mencela terhadap kekurangan anak,semisal anak anda mendapat nilai bagus pada mata pelajaran bahasa tetapi jelek pada pelajaran matematika,maka pujilah ia dengan tulus bahwa ia anak yang pintar dan tunjukan bukti nilai pelajaran bahasanya kemudian katakan padanya bahwa bila ia mau lebih giat belajar pasti nilai matematikanyapun akan bagus.

Dan yang terakhir dalam uraian ini,lakukan semua dengan penuh kasih dan sayang,karena kasih sayang adalah kebutuhan mendasar untuk tumbuh kembangnya.



baca juga :

- mensugesti yang benar.
- Mengapa anak butuh kasih sayang?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar