SELAMAT DATANG DI LAMAN KAMI

SELAMAT DATANG KE LAMAN KAMI
halaman ini ditujukan untuk semua orang yang mencari informasi, atau Berbagi Pengetahuan atau menyampaikan Pendapat Tentang Kesehatan Ibu , Balita dan Anak. posting
Artikel Anda atau apapun yang relevan dengan topik blog ini. Saran, kritik dan komentar Anda Sangat Kami Harapkan demi kebaikan dan untuk perbaikan blog ini. mohon maaf Bila Ada Kekurangan Dan Kesalahan dalam blog ini. Terima kasih.

Selasa, 27 Juli 2010

Periode Emas Anak


Masa Emas pertumbuhan dan perkembangan anak

Saat - saat paling berharga dalam tahap pertumbuhan dan perkembangan anak adalah usia 0 - 5 tahun.
periode ini disebut periode emas tumbuh kembang anak,namun juga merupakan periode kritis bagi tumbuh kembangnya juga.


Definisi :

Pertumbuhan adalah meningkatnya ukuran dan jumlah sel, dengan kata lain adalah peningkatan ukuran fisik dan struktur tubuh. misalnya: meningkatnya tinggi badan seorang anak, berat badan dan lingkaran kepalanya.
Sedangkan perkembangan adalah peningkatan struktur dan fungsi tubuh (kemampuan) yang lebih kompleks termasuk kemampuan gerak kasar, gerak halus, bicara, bahasa, sosialisasi dan kemandirian.
contohnya: kemampuan untuk melakukan gerakan yang kompleks, berinteraksi dan
berkomunikasi, kemampuan kognitif, sosialisasi, kreativitas,dan lain-lain.

Pertumbuhan dan perkembangan terjadi secara bersamaan (secara simultan).
Pembangunan ini adalah hasil interaksi sistem saraf pusat dengan organ tubuh yang saling mempengaruhi.
contoh: kemampuan untuk berbicara adalah hasil dari perkembangan sistem saraf yang
mengendalikan proses berbicara dengan organ paru-paru,mulut,lidah,bibir dan
tenggorokan dengan interaksi yang kompleks.
Masa lima tahun pertama disebut sebagai periode emas/periode kritis karena pada usia tersebut otak ( dan juga tubuh ) mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang sangat pesat dan sangat sensitif terhadap berbagai masukan dari lingkungan sekitarnya.
pada saat ini berbagai informasi apapun akan diserap oleh anak,tidak peduli baik ataupun buruk.
dan hal tersebut akan menentukan kualitas diri dan kepribadiannya ketika dewasa kelak.

Karenanya di periode emas ini orang tua dapat meletakkan dasar - dasar kesehatan fisik dan mental,kemampuan penalaran,bahasa,pengembangan kepribadian dan nilai-nilai moral,kemandirian serta kemampuan untuk beradaptasi dengan lingkungan sosial sekitarnya dengan benar pada periode ini.
dan juga peran orang tua sangat diperlukan untuk menangani penyimpangan pertumbuhan dan perkembangan yang mungkin terjadi,terutama pada tiga tahun pertama agar tidak menjadi penyimpangan yang permanen.

Tugas orang tua  di periode emas dan selanjutnya adalah menanamkan nilai-nilai agama dan moral,mengarahkan,mengawasi dan memberi tauladan yang baik ( anak - anak suka meniru perilaku orang-orang terdekatnya ) terhadap anak dengan penuh cinta dan kasih sayang,namun tidak boleh memaksakan sesuatu yang menjadi kehendaknya kepada anak.
seperti memaksa anak belajar belajar diluar kemampuan anak dengan tujuan agar anak menjadi pintar.

Untuk itu luangkan waktu agar anda memiliki banyak waktu berkumpul bersama dengan anak,agar anak anda tumbuh dan berkembang optimal sesuai dengan apa yang anda harapkan.
jangan percayakan pendidikan anak kepada orang lain,kecuali bila sangat terpaksa dan anda yakin betul terhadap pengasuh barunya.

Semoga bermanfaat.



Periode emas anak.
Posted By :Hertriadi
Disarikan dari berbagai sumber.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar